SELAMAT DATANG DI DESA KANDANGAN KECAMATAN TRUCUK KABUPATEN BOJONEGORO
Home » , » UPT Pertanian Trucuk sarankan penggunaan Pupuk Organik

UPT Pertanian Trucuk sarankan penggunaan Pupuk Organik

Posted by Desa Kandangan Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro on Sunday, August 5, 2018

      
Beberapa hari yang lalu ada sebagian petani di Desa Kandangan Kecamatan trucuk kabupaten Bojonegoro yang mengeluhkan terkait tanaman padinya yang minggu - minggu ini baru ditanamam banyak yang terlihat kuning, para petani tersebut sudah berusaha memberikan obat-obatan dan pupuk untuk tanaman mereka, namun hasilnya masih tidak bisa maksimal.
       Hari ini UPT Pertanian Kecamatan Trucuk terjun secara langsung datang kelapangan, untuk melihat kondisi tanaman para petani yang dikeluhkan, didampingi oleh beberapa ketua kelompok tani, petugas pertanian dari UPT Pertanian Trucuk setelah melakukan penelitian secara langsung dibeberapa lokasi menyimpulkan bahwa sebaiknya para petani mengurangi penggunaan pupuk kimiawi yang terlihat sangat berlebihan, karena penggunaan pupuk kimia yang berlebihan menjadi sumber masalah terutama  rusaknya struktur tanah dan lingkungan.

Berdasarkan penjelasan para pegawai Dinas Pertanian tersebut, penggunaan pupuk organik Selain menambah unsur hara makro dan mikro di dalam tanah, pupuk organik juga sangat baik untuk memperbaiki struktur tanah pertanian.
Ada beberapa keunggulan jika menggunakannya Pertama, dapat memerbaiki struktur tanah. Ini terjadi karena organisme di dalam tanah saat penguraian bahan organik dalam pupuk bersifat mengikat butir-butir tanah menjadi butiran lebih besar. Kedua, dapat meningkatkan daya serap tanah terhadap air. Penyebabnya adalah bahan-bahan alami memiliki daya serap yang besar terhadap air. Ketiga, dapat menaikkan kondisi kehidupan di dalam tanah karena organisme di sana bisa memanfaatkan bahan alami sebagai makanan. Keempat, bisa menjadi sumber zat makanan bagi tanaman, itu karena mengandung zat makanan lengkap meskipun kadarnya tidak setinggi anorganik.

Terima kasih sudah membaca & dan berbagi, silahkan tinggalkan komentar Desa Kandangan Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro

Previous
« Prev Post
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Cari Disini

Tanya Pak Kades

Powered by Blogger.

Berita terpopuler

Tanya Admin Web