SELAMAT DATANG DI DESA KANDANGAN KECAMATAN TRUCUK KABUPATEN BOJONEGORO
Home » » Pemdes Kandangan Bagikan Bibit Kelapa Genjah Entok untuk Warga

Pemdes Kandangan Bagikan Bibit Kelapa Genjah Entok untuk Warga

Posted by Desa Kandangan Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro on Sunday, April 21, 2024

 

Sesuai dengan Kepmendesa 82 Tahun 2022 tentang Pedoman Ketahanan Pangan di Desa untuk mewujudkan kecukupan pangan bagi seluruh warga Desa, pencapaian kemandirian pangan Desa, dan memastikan Desa terlepas dari kerawanan pangan serta penggunaan Dana Desa untuk ketahanan pangan dan hewani di Desa.Penggunaan anggaran pendapatan dan belanja desa (APB Desa) untuk Ketahanan Pangan yang berasal dari Dana Desa dimanfaatkan oleh pemerintah Desa Kandangan Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro untuk pengadaan Bibit Kelapa Genjah Entok. 

Kelapa genjah entok merupakan salah satu jenis tanaman kelapa yang dibudidayakan secara komersil. Buah kelapa jenis ini memiliki kualitas yang bagus, daging buah yang cenderung lebih lembut, kulit buah berwarna hijau, dan kandungan air kelapanya yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis kelapa yang lain, Keunggulan bibit kelapa genjah entok yaitu umur berbuah yang relatif cepat yaitu 3 tahun setelah tanam, pertambahan tinggi tanaman yang lambat yaitu antara 40-50 cm pertahun, Tinggi batang kelapa genjah entok hanya sekitar 3-4 meter dan tinggi maksimal yaitu 10 meter,memiliki tingkat adaptasi lumayan tinggi, serta dapat menghasilkan 140 butir per pohon dalam satu tahun.

Puluhan tahun yang lalu Desa Kandangan Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro pernah jaya sebagai desa penghasil kelapa, hampir setiap pekarangan warga terdapat pohon kelapanya, dan entah karena hama kwangwung yang menyerang atau penyebab lain, perlahan-lahan pohon kelapa mulai habis dan punah. oleh sebab itu Pemerintah Desa memiliki gagasan untuk mengembalikan lagi kejayaan Kelapa di Desa Kandangan.

Beberapa bulan yang lalu Pemerintah Desa Kandangan bersama BPD telah melakukan studi tiru di Kebumen tepatnya  di Agro Tunggul Mas Banyumas Jawa tengah, untuk belajar tentang Penanaman Kelapa Genjah Entok mulai dari cara menanam, cara merawat,  mengatasi penyakit yang sering terjadi pada pohon kelapa sampai dengan pemasarannya.




Dan pada hari ini Senin (22/04/2024) Pemerintah Desa Kandangan telah membagikan hampir seribu Bibit kelapa Genjah entok untuk warga desa Kandangan, semoga beberapa tahun kedepan dapat menuai hasil dan manfaat.

Bisa klik videonya disini  

Terima kasih sudah membaca & dan berbagi, silahkan tinggalkan komentar Desa Kandangan Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro

Newest
You are reading the newest post
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Cari Disini

Tanya Pak Kades

Powered by Blogger.

Berita terpopuler

Tanya Admin Web